Mengenal Peluang Bisnis Dodol

Stategi bisnis dodol

Usaha dodol kini sudah seperti usaha yang paling sering kita temui dewasa ini. Sebuatan garut adalah kota dodol mungkin sudah tenggelam seiring dengan perkembangan bisnis  dodol di setiap daerah. Sekarang bisnis ini bak berkembang mulai dari sabang sampai meruke. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bisnis dodol yang cukup menjanjikan ini, yuk, kita tambah pengetahuan tentang cemilan satu ini. Dodol merupakan cemilan khas Indonesia yang terbuat dari santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah dan garam. Bukan hanya di Indoenesia saja dodol juga sudah dikenal di beberapa negara tetanggga, seperti Malaysia, Singapore, Thailand, Brunei Darusalam, India bahkan Sri Langka namun namanya lebih dikenal dengan mont kalama. Kebanyakan di negara Asia yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam dodol disajikan pada hari-hari kebesaran umat islam, seperti idul fitri dan idul adha.

Dodol Rasa Coklat Susu

Dengan semakin banyaknya penikmat dodol khususnya di Indonesia membuat usaha dibidang ini kian berkembang. Profit yang didapatkan pun tidak tangung-tanggung besarnya. Maka dari itu bisnis ini dipilih banyak orang, baik itu bisnis UKM atau bisnis dalam skala besar. Dengan semakin besarnya peluang bisnis dan pesaing di bidang makanan ringan ini maka memaksa pengusaha untuk pintar-pintar memikirkan strategi penjualan yang menarik, baik itu dari segi rasa produk ataupun pemasaran.

Dari segi rasa kita bisa lihat banyak sekali varian rasa yang ditawarkan oleh para pembuat dodol. Ada yang menambahkan rasa modern (seperti coklat atau keju) ke dalam produk dodol buatan mereka. Selain itu, ada pula yang menambahkan bahan baku yang inovatif bahkan mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya untuk membuat dodol dengan citra rasa demikian. Contohnya saja dodol dengan tambahan bahan baku rumput laut. Biasanya dodol bertekstur padat dan lengket, namun dengan tambahan rumput laut dodol bertekstur seperti jeli yang lembut.

Pembuatan dodol rumput laut sendiri sedikit berbeda dengan pembuatan dodol biasa. Takaran bahan baku untuk membuat dodol jenis ini harus pas agar tidak merusak teksturnya. Untuk itu kita harus tahu proporsi tepung ketan dan rumput laut yang optimum agar dihasilkan dodol rumpul laut berkualitas. Namun bagi Anda para penggelut bisnis dodol tidak usah khawatir karena proses pembuatan dodol dapat dipermudah dengan bantuan mesin pembuat dodol. Oleh karena itu para pebisnis tidak boleh buta oleh teknologi jika ingin usahanya berkembang.

-suc-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s