Bisnis Biji Plastik Menguntungkan, Loh!

Bisnis Biji Plastik

Kini siapa yang tidak membutuhkan plastik? Belanja di pasar, pembukusnya menggunakan plastik, belanja di mall untuk membawa barang belanjaan menggunakan plastik, bahkan saat kita membeli makanan di tempat makanan pun pembungkusnya menggunakan plastik. Anda pasti tahu bahaya sampah non organik yang satu ini bagi lingkungan, kan? Sampah non organik seperti kantong plastik, botol plastik, sterofoam dan botol kaleng bisa membutuhkan lebih dari 10 sampai 20 tahun, bahkan 100 tahun untuk terurai. Kebayang dong gimana jadi lingkungan sekitar Anda jika pemakaian bahan plastik digunakan tiap harinya. Sampah-sampah non organik ini akan menggunung karena tidak bisa hancur.

plastik-recycling-abfc3a4lle-aus-kunststoff-1

Maka dari itu pemerintah Indonesia memberlakukan beberapa peraturan untuk mengurangi pemakaian bahan plastik ini, yaitu dengan memberi harga kantong plastik di mall dan super market. Namun peraturan ini dirasa masih kurang efektif karena pada dasarnya penggunaan bahan plastik tidak hanya untuk kantong plastik saja, ada sterofoam dan botol plastik yang menjadi permasalahan. Nah, cara mengurangi masalah ini adalah dengan menghancurkan sampah non organik tersebut menjadi biji plastik. Siapa bilang penggunaan kemasan berbahan plastik yang sudah dipakai tidak bisa dimanfaatkan lagi? Ini bisa jadi peluang bisnis bagi para pengusaha pengolah sampah plastik.

Cara pengolahan sampah plastic ini adalah dengan menggiling terlebih dahulu sampah-sampah tersebut dengan mesin penghancur plastik yang akan menghancurkan bahan plastic dengan ukuran yang seragam. Selanjutnya proses pencucuian dan pengeringan potongan plastik tersebut. ini bertujuan untuk menghilangkan kuman-kuman yang tersisa pada bahan plastik yang sudah dihancurkan tadi. Sampai proses ini pun sampah plastik yang sudah dihancurkan tersebut sudah bisa dijual kepada pabrik industri rumah tangga, produsen alat tulis dan pabrik lainnya yang membutuhkan biji plastik ini.

Pendistribusian biji plastik ini bahkan tidak hanya di Indonesia saja, bahkan sudah sampai internasional, seperti permintaan terbesar di Hongkong dan China. Biaya investasi untuk memulai bisnis ini memang cukup besar, namun jika dibandingkan dengan keuntungan kedepannya sangat lah worth it!! Untuk memulai bisnis ini Anda memerlukan mesin pengolah plastik, seperti mesin penghancur plastik, alat press dan oven pengering, alat perajang dan mesin pellet. Selain mendapat keuntungan kita juga bisa mengikis permasalahan soal sampah non organik yang tidak kunjung berkurang. Ingin mencoba?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s