Cara Menggiling Cabe Menggunakan Mesin Giling Cabe

Giling Cabe Menggunakan Mesin Giling Cabe

Pekerjaan menggiling cabe menggunakan mesin giling cabe untuk bahan suatu masakan apapun itu memeng sekilas pekerjaan yang mudah namun bila tidak hati-hati dalam membuat bumbu maka akan terjadi kesalahan, yang namanya bumbu suatu masakan memang tidak boleh salah dan bila salah maka rasa dari suatu masakan pasti akan terasa aneh dan tidak enak jadinya, oleh karena itu dalam membuat bumbu suatu masakan memang tidak boleh salah kalau salah pastinya akan fatal rasanya, oleh karena itu anda harus melihat takaran bumbu yang tepat dari suatu masakan.

mesin giling cabe


Bila anda takut salah dalam membuat bumbu suatu masakan bila hanya melihat takaran resep suatu masakan lebih baik anda bisa menanyakan hal tersebut pada orang yang sudah berpengalaman masak, bisa ibu anda, tukang masak, atau koki/chef alias ahli masak, pekerjaan menggiling cabe dalam membuat bumbu suatu masakan tentu harus di sesuaikan dengan kapasitas takaran maximal mesin tersebut jadi tidak bisa terlalu penuh dan anda juga mesti mertahap menggilingnya, jika tidak maka mesin giling tersebut pastinya akan mengelami kerusakan, karena pemakaiannya yang salah, bagaimana cara menggiling cabe yang benar menggunakan mesin giling cabe?…… simak tips berikut ini :

  • Bila ingin giling cabe campur bawang, cabe digiling pakai garam saja dulu, giling bawangnya setelah menggiling cabe. Mengapa demikian? Karena bila cabe digiling berbarengan dengan bawang, cabe akan lama halusnya karena bawang memiliki sifat yang licin saat dihaluskan.
  • Menggiling cabe jangan sekaligus dalam jumlah banyak mengilingnya tentu sedikit-sedikit. Tahapnya, pertama-tama ambil cabe sedikit demi sedikit untuk digiling, bila sudah berangsur halus, lalu cabenya ditambahkan sedikit-sedikit, berangsur-angsur, sampai semuanya lumat.
  • Bila menggunakan alat penumbuk tentunya cabe tidak akan sehalus menggunakan mesin giling cabe tentu tekstur hasil gilingannya akan beda bila di bandingkan menggunakan mesin giling cabe, bila menggunakan alat penumbuk seperti cobek atau lumpang hasilnya akan terlihat pecah-pecah dan terlihat tidak halus tapi bila menggunakan mesin giling cabe hasil gilingan cabenya bertekstur lebih lembut selain itu biji cabenya juga hancur karena pada saat menggiling cabe, di dalam mesin giling cabe yang berputar adalah batu gilingannya untuk menggerus cabe beserta bijinya hingga halus/lumat hasilnya.
  • Agar tangan anda tidak panas setelah terkena cabe, oleskan tangan anda dengan minyak goreng ke seluruh permukaan tangan sebelum mulai menggiling cabe.
  • Cara tersebut bertujuan supaya cabe tidak langsung mengenai permukaan kulit anda. Bila cabe sudah terkena permukaan kulit, kulit akan terasa panas. Walaupun sudah dicuci dan digosok dengan sabun berulang kali, tetap saja panasnya tidak akan hilang tentunya perlu waktu lama hilangnya rasa panas pada kulit anda karena rasa panasnya sudah meresap kedalam pori. Oleh karena itu, penggunaan minyak goreng pada tangan sebelum menyentuh cabe bisa membantu untuk mencegah hal tersebut. Setelah selesai menggiling cabenya, lalu tangan anda bisa dicuci dengan sabun.

Demikian pembahsannya cara menggiling cabe menggunakan mesin giling cabe semoga bermanfaat menambah pengetahuan anda dalam menghaluskan cabe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s