Mesin Kopi Untuk Membuat Kopi Tubruk Paling Nikmat

Mesin Kopi Untuk Membuat Kopi Tubruk

Menggiling kopi tentunya perlu mesin kopi atau handy grinder kopi untuk menghaluskan biji kopi terlebih dahulu agar bisa di seduh dan memberikan warna hitam serta rasa yang khas ekstrak sari kopi yang berkhasiat. Trus terang tadinya saya tidak mengerti apa itu yang namanya kopi tubruk?….., setelah saya tanya sana sini ternyata kenapa diberi nama kopi tubruk karena kopi tersebut saat di seduh dengan air panas gula dan kopinya nyampur jadi satu tubrukan dengan kopinya saat penyeduhan kopi tersebut begitulah ceritanya kenapa di beri nama kopi tubruk, memang cukup sederhana kelihatannya tapi dengan cara pengolahan yang demikian kopi tersebut justru memberikan ciri khas rasa yang berbeda.

mesin kopi


Bisa anda bayangkan bubuk kopi yang terendam (dengan metode immersion) dan langsung siap minum. Tahapannya pun cukup singkat, menghasilkan secangkir kopi tubruk yang paling enak! Dengan cita rasa khas yang berbeda. Kopi tubruk merupakan cara membuat kopi yang paling awam. Di rumah-rumah, kopi tubruklah yang paling sering dihidangkan. Di kantor dan di tempat kerja pun demikian.

mesin giling kopi

Kopi tubruk sering di sajikan dalam tiap kesempatan dan semua lapisan masyarakat menyukai citarasanya, tentunya para penikmat kopi merasakan nikmatnya kopi tubruk, dari petani hingga kaum hedonisme suka akan citarasa kopi tubruk, kopi tubruk memang identik dengan si hitam manis. Bukuk kopi yang ditubruk dengan air panas lalu dicampur dengan gula. Untuk mengetahui cita rasa jenis kopi yang berbeda biasanya orang tidak menambahkan gula saat menikmatinya dan itu biasanya dilakukan saat para penikmat kopi berada di kedai kopi, dan alasannya biasanya untuk kesehatan.

Dalam membuat kopi tubruk ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, walau secara sepintas melihat terkesan mudah pembuatannya simak penjelasan berikut:

Air
Dalam sajian kopi tubruk, 90 persen lebih isi cangkir kita adalah air. Maka peranan air sangat penting! Pastikan air yang kita gunakan bersih dan pada temperatur yang tepat.Saya biasanya menggunakan air mineral merk Amidis untuk menyeduh kopi. Ini anjuran teman-teman saya yang lebih jago bikin kopi, Kata mereka, air mineral bisa lebih mengeluarkan karakter kopi. Jika tak ada, pakai air kita sehari-hari saja. Cuma pastikan air tersebut segar. Tak berasa dan tak berbau, Untuk kopi tubruk, air biasanya dipanaskan hingga sekitar 90 derajat Celcius. Jika tak punya termometer, masak air hingga mendidih dan biarkan selama 1,5-2 menit.

Kopi Yang Akan Diseduh
Bagian terpenting selanjutnya sudah jelas. Kita harus punya kopi!, Yang harus kita pastikan dan prioritaskan adalah kesegaran si kopi. Dalam hal ini, saya terus terang merekomendasikan biji kopi yang baru digiling. Lebih ideal lagi, biji kopi yang akan kita giling harus pula segar. Ia harus fresh dari tempat roasting (sangrai). Jangan gunakan biji kopi sangrai yang sudah mendekam lebih dari 2 bulan. Maka dari itu, baiknya kita punya grinder (penggiling kopi) sendiri. Dengan cara ini, seduhan kopi tubruk yang nanti kita hasilkan akan lebih segar, beraroma dan mengeluarkan karakter terbaiknya.

Hal Kedua, Perhatikan Ukuran Gilingnya.
Untuk kopi tubruk, biasanya biji kopi digiling halus (fine). Semakin kasar ukuran giling kopi, akan semakin susah air untuk melarutkan sari-sarinya.

Alat Seduh
Selanjutnya, perhatikan alat-alat yang kita gunakan. Harus bersih!, Untuk kopi tubruk, alat yang digunakan pun sederhana. Ada panci untuk memasak air, teko untuk menuang air, sendok untuk mengaduk (jika perlu), serta server atau cangkir untuk wadah si kopi tubruk.

Rasio Kopi Dan Air
Perbandingan kopi dan air sangatlah penting. Jika air terlalu banyak, seduhan akan encer. Jika dosis kopi terlalu banyak, ia bisa mengalahkan rasa dan karakter lain. Prinsip yang biasa dipegang adalah 1/15. Satu bagian kopi untuk 15 bagian air. Jika kita punya kopi 20 gram, maka air yang kita pakai sekitar 300 ml. Prinsip ini dipercaya akan mengeluarkan rasa dan karakter kopi secara optimal.

Waktu Seduh
Timing is everything. Agar seduhan kita menghasilkan aroma dan rasa terbaik, perlu waktu seduh yang tepat. Untuk metode tubruk ini, waktu yang kita butuhkan kira-kira 4 menit. Sebagai tambahan, pada awal menyeduh sebaiknya kita membasahi kopi selama 30 detik. Ini kita lakukan untuk memanaskan bubuk kopi secara awal (pre-heating). Selain itu, ini kita lakukan juga untuk mengeluarkan gas yang terkandung di kopi dan sela-selanya.

Demikian pembahasannya cara pembuatan kopi tubruk yang paling enak agar memiliki cita rasa yang khas agar anda dapat mengetahui bagai mana cara pembuatannya dan dapat membedakan tiap jenis kopi dengan cita rasa khas yang berbeda, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s